Office : JAKARTA - TANGERANG - SURABAYA
Customer Service : (021) - 556 809 50
asiaarsitek@gmail.com

Kunjungan Kedua – Proyek Rumah Klasik 2 Lantai Dengan Basement Bu Elisa – Jakarta Timur

Kunjungan Kedua – Proyek Rumah Klasik 2 Lantai Dengan Basement Bu Elisa – Jakarta Timur

Realisasi-kunjungan-kedua-rumah-klasik-bu-elisa

Jakarta Timur, 10 Agustus 2018

Kunjungan Kedua yang kami lakukan pada tanggal 10 Agustus 2018, dimana proses pengerjaan sedang berjalan pada proses pengerjaan struktur balok pada rumah bu Elisa. Struktur Balok merupakan bagian dari struktur sebuah bangunan yang dirancang untuk menanggung dan mentransfer beban menuju elemen-elemen kolom penopang. Selain itu, terdapat juga ring balok yang berfungsi sebagai pengikat kolom-kolom agar apabila terjadi pergerakan kolom-kolom tersebut.

Bagi anda yang belum tahu mengenai struktur balok, kami akan coba menjelaskan dengan detail mengenai apa itu struktur balok. Semoga bermanfaat bagi anda, yang memang sedang belajar arsitektur ataupun sedang mencari referensi mengenai desain arsitektur. Tak menunggu lama, Yuk, baca ulasan lengkap kunjungan Kedua yang kami lampirkan!

Balok beton merupakan jenis struktur balok yang banyak digunakan dalam mebangunan sebuah bangunan contohnya seperti rumah. Balok beton adalah bagian dari struktur yang berfungsi sebagai penyalur momen menuju struktur kolom. Balok dikenal sebagai elemen lentur, yaitu elemen struktur yang dominan mememikul gaya dalam berupa momen lentur dan gaya geser.

Beberapa jenis balok antara lain :

  • Balok sederhana bertumpu pada kolom diujung-ujungnya, dengan satu ujung bebas berotasi dan tidak memiliki momen tahan. Seperti struktur statis lainnya, nilai dari semua reaksi,pergeseran dan momen untuk balok sederhana adalah tidak tergantung bentuk penampang dan materialnya.
  • Kantilever adalah balok yang diproyeksikan atau struktur kaku lainnya didukung hanya pada satu ujung tetap
  • Balok teritisan adalah balok sederhana yang memanjang melewati salah satu kolom tumpuannya.Balok dengan ujung-ujung tetap ( dikaitkan kuat ) menahan translasi dan rotasi
  • Bentangan tersuspensi adalah balok sederhana yang ditopang oleh teristisan dari dua bentang dengan konstruksi sambungan pin pada momen nol.
  • Balok kontinu memanjang secara menerus melewati lebih dari dua kolom tumpuan untuk menghasilkan kekakuan yang lebih besar dan momen yang lebih kecil dari serangkaian balok tidak menerus dengan panjang dan beban yang sama.

Proses-pengerjaan-struktur-balok-rumah-klasik-bu-elisa

Pembentukan struktur balok di awali dengan pembuatan tulangan terlebih dahulu. Tulangan tersebut terbuat dari kbaja tulangan yang digunakan untuk menahan gaya tarik dan juga berfungsi untuk mencegah retak beton agar tidak melebar.

Fungsi utama baja tulangan pada struktur beton bertulang yaitu untuk menahan gaya tarik, Oleh karena itu pada struktur  balok, pelat, fondasi, ataupun struktur lainnya dari bahan beton bertulang, selalu diupayakan agar tulangan longitudinal ( tulangan memanjang ) dipasang pada serat-serat beton yang mengalami tegangan tarik.  Keadaan ini terjadi terutama pada daerah yang menahan momen lentur besar (umumnya di daerah lapangan/tengah bentang, atau di atas tumpuan), sehingga sering mengakibatkan terjadinya retakan beton akibat tegangan lentur tersebut.

Balok terbagi dari beberapa macam, yaitu :

  • Balok kayu

Balok kayu menopang papan atau dek structural. Balok dapat ditopang oleh balok induk, tiang, atau dinding penopang beban.

  • Balok baja

Balok baja menopang dek baja atau papan beton pracetak. Balok dapat ditopang oleh balok induk ( girder ), kolom, atau dinding penopang beban.

  • Balok beton

Pelat beton yang dicor di tempat dikategorikan menurut bentangan dan bentuk cetakannya. Semua perkerjaan balok dan pelat dilakukan langsung di lokasi yang direncanakan, mulai dari pembesian, pemasangan bekisting, pengecoran sampai perawatan.

Selain balok, ada juga struktur lain yang berada di bawah atau di dasar tanah atau yang biasa disebut dengan pondasi. Sebagai referensi, anda dapat membaca proses pembuatan pondasi yang sudah kami jelaskan pada kunjungan sebelumnya atau dapat dengan cara klik tombol dibawah !

LIHAT PROSES PEMBUATAN PONDASI

 

Proses-pembuatan-bekisting-struktur-balok-rumah-klasik-bu-elisa

Setelah proses penulangan selesai dikerjakan, lalu dilanjutkan dengan pembuatan bekisting. Apa itu bekisting ? Bekisting merupakan suatu konstruksi pendukung pada pekerjaan konstruksi beton dan biasanya terbuat dari bahan kayu,allmunium dan sebagainya. Berbagai material dapat digunakan namun pemilihan jenisnya harus mempertimbangkan dari segi teknis dan nilai ekonomisnya.

Bekisting memiliki sifat non permanent yang mampu memikul beban sendiri berat beton basah, beban hidup dan sebagai sarana pendukung dalam mencetak konstruksi beton sesuai dengan ukuran, bentuk, rupa serta bentuk permukaan yang di inginkan, dengan demikian bekisting berperan dalam proses produksi konstruksi beton.

Pada dasarnya konstruksi bekisting memiliki tiga hal fungsi:

  1. Menentukan bentuk dari konstruksi beton yang dibuat.
  2. Memikul dengan aman beban yang  ditimbulkan oleh spesi beton serta beban luar lainya yang menyebabkan perubahan bentuk pada beton. Namun perubahan ini tidak melampui batas toleransi yang ditetapkan.
  3. Bekisting harus dapat dengan mudah dipasang, dilepas dan dipindahkan. Mempermudah proses produksi beton masal dalam ukuran yang sama.

Proses-pengecoran-bekisting-struktur-balok-rumah-klasik-bu-elisa

Pelaksanaan pengecoran beton dilakukan setelah pemasangan bekisting dan tulangan selesai, dalam hal ini pelaksanaan pengecoran dilakukan serentak untuk semua balok. Pada ketinggian tertentu sehingga akan mempercepat waktu, dimana pengecoran dimulai dari balok dan dilanjut ke berikutnya.

Sebelum pelaksanaan pengecoran, dilakukan hal-hal sebagai berikut :

  1. Menyiapkan alat-alat pendukung dilapangan seperti vibrator, pipa penyalur beton, air compressor, lampu penerangan jika pengecoran dilakukan malam hari.
  2. Sebelum adukan beton dimasukkan kedalam pompa, dilakukan pengambilan benda uji dan test slump dari truk mixer. Jika tidak memenuhi syarat maka adukan beton ditolak.
  3. Memeriksa jumlah, letak, jarak antara panjang penyaluran, panjang penjangkaran, diameter tulangan, beton decking dan “kaki ayam” yang harus sesuai dengan gambar rencana. Diperiksa pula posisi bekisting agar cukup kokoh menahan beban.
  4. Membersihkan bekisting dan tulangan dari segala jenis sampah dan kotoran dengan kompresor, kemudian dilapisi dengan mud oil.
  5. Lubang-lubang untuk instalasi listrik, air dan lain-lain harus terpasang dengan baik. Setelah hal-hal tersebut diatas telah dilaksanakan maka pengecoran dapat dilaksanakan.
  6. Pengambilan semple beton kubus / silinder sebagai quality control menagement mutu material harus mencapak karateristik 250 kg/cm2.
  7. Menuangkan spesi beton kedalam bekisting balok dan pelet dengan pump concrate dengan dibantu tenaga pengecor dalam pemadatan beton dengan vibrator concrate.
  8. 5 Jam setelah pengecoran selesai beton diberi pelembab/digenangi air dengan memberikan karung goni diatas pelat beton agar terhindar dari susut beton yang terlalu cepat akibat sinar matahari yang mengakibatkan terjadinya retak pada pelat.
  9. Bekisting balok dan pelat dapat dilepas setelah umur beton telah mencapai 21 hari dan dalam membongkar bekisting diharapkan berhati-hatiuntuk menghindari terjadi patah pada balok.

Baca Juga proses pengerjaan kontruksi pada lantai dua, dengan klik pada tombol untuk melihat lebih detail !

LIHAT PROSES PENGERJAAN KONTRUKSI LANTAI 2

 

Setelah cor sudah mengering atau megeras, maka balok sudah dapat digunakan untuk menerima beban diatas. Kemudian dilanjutkan dengan proses pengerjaan plat lantai. Untuk proses pengerjaan selanjutnya anda dapat melihatnya di kunjungan selanjutnya. Penasaran akan proses pengerjaannya? Klik pada tombol di bawah untuk melihat lebih detail !

 

PLAN

Number

minutes

Price

Price for 1 minute

KUNJUNGAN 1

Kunjungan pertama yang kami lakukan pada tanggal 9 Juli 2018, dimana proses pengerjaan sedang berjalan pada proses penggalian tanah serta pengerjaan struktur pondasi ...

KUNJUNGAN 2

Kunjungan Kedua yang kami lakukan pada tanggal 10 Agustus 2018, dimana proses pengerjaan sedang berjalan pada proses pengerjaan struktur balok pada rumah bu Elisa ...

KUNJUNGAN 3

Kunjungan Ketiga yang kami lakukan pada tanggal 6 September 2018, dimana proses pengerjaan sedang berjalan pada proses pengerjaan Plat lantai serta kontruksi lain yang berada di lantai 1 ...

PLAN

Number

minutes

Price

Price for 1 minute

KUNJUNGAN

Kunjungan Keempat yang kami lakukan pada tanggal 29 September 2018, dimana proses pengerjaan sedang berjalan pada proses pengerjaan Plat lantai serta kontruksi lain yang berada di lantai 2 ...

KUNJUNGAN

Kunjungan kelima yang kami lakukan pada tanggal 21 November 2018, dimana proses pengerjaan sedang berjalan pada proses pengerjaan Rangka atap ...

KUNJUNGAN

Berlanjut pada kunjungan berikutnya yang kami lakukan pada tanggal 20 Desember 2018. Dimana proses pengerjaan yang sedang dilakukan adalah proses pemasangan rangka plafon pada rumah ...

PLAN

Number

minutes

Price

Price for 1 minute

KUNJUNGAN

Pada awal tahun 2019 ini, proses kunjungan berlanjut pada tanggal 21 Januari 2019. Dengan proses pengerjaan adalah finising area fasad rumah atau area depan rumah ...

KUNJUNGAN

Proses pengerjaan rumah klasik milik Bu Elisa hampir selesai dikerjakan, dengan proses akhir yang dikerjakan adalah proses penyempurnaan. Proses penyempurnaan disini dikerjakan pada area balkon rumah yang dipasangkan sebuah ornamen railling ...

KUNJUNGAN

ON PROGRESS

 

Untuk info lengkap mengenai JASA KAMI, anda dapat langsung menghubungi Call Center kami (021) – 55680950 atau dapat dengan cara berkunjung ke OFFICE KAMI terdekat kami. Segera konsultasikan desain rumah impian Anda kepada kami Asia Arsitek, dengan bergabung bersama kami. Kami akan menjadi rekan Anda yang akan membantu mewujudkan impian Anda.

HUBUNGI KAMI

 


LIHAT JUGA PORTOFOLIO DESAIN KAMI YANG LAINNYA :



Sub-domains


REALISASI DESAIN

RUMAH CLASSIC MEWAH

IBU MAUDY DI BEKASI

[ON PROGRES]

REALISASI DESAIN

RUMAH CLASSIC MEWAH

IBU IIS DI BANDUNG

[ON PROGRES]

REALISASI DESAIN

RUMAH CLASSIC MEWAH

IBU ELISA DI JAKARTA

[ON PROGRES]


Sub-domains


REALISASI DESAIN

RUMAH CLASSIC MEWAH

PAK WAGIYANTO DI YOGYAKARTA

[ON PROGRES]

REALISASI DESAIN

VILLA MEWAH

IBU KARTINI DI sentul, bogor

[ON PROGRES]

REALISASI DESAIN

RUMAH MINIMALIS MODERN

PAK ANANDA DI TANGERANG

[FINISH]

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *