Office : JAKARTA - TANGERANG - SURABAYA
Customer Service : (021) - 556 809 50
asiaarsitek@gmail.com

Kunjungan Ketiga – Proyek Rumah Klasik 2 Lantai Dengan Basement Bu Elisa – Jakarta Timur

Kunjungan Ketiga – Proyek Rumah Klasik 2 Lantai Dengan Basement Bu Elisa – Jakarta Timur

Realisasi-kunjungan-ketiga-rumah-klasik-bu-elisa

Jakarta Timur, 6 September 2018

Kunjungan Ketiga yang kami lakukan pada tanggal 6 September 2018, dimana proses pengerjaan sedang berjalan pada proses pengerjaan Plat lantai serta kontruksi lain yang berada di lantai 1. Seperti halnya kolom dan dinding yang berada di lantai basement, pada lantai 1 pun adanya penerusan dari struktur tersebut. Plat lantai sendiri merupakan lantai yang tidak terletak di atas tanah langsung, merupakan lantai tingkat pembatas antara tingkat yang satu dengan tingkat yang lain. Plat lantai didukung oleh balok-balok yang bertumpu pada kolom-kolom bangunan.

Bagi anda yang belum tahu mengenai Plat lantai, kami akan coba menjelaskan dengan detail mengenai apa itu Plat lantai. Semoga bermanfaat bagi anda, yang memang sedang belajar arsitektur ataupun sedang mencari referensi mengenai desain arsitektur. Tak menunggu lama, Yuk, baca ulasan lengkap kunjungan Ketiga yang kami lampirkan!

Plat-lantai-rumah-klasik-bu-Elisa

Pembuatan plat lantai disini sudah selesai dikerjakan, seperti yang terlihat pada gambar. Plat lantai sudah di cor dan sudah mengering sehingga lantai 1 dapat dilanjutkan dengan proses pengerjaan konstruksi lainnya. Nah, dalam pengerjaan plat lantai ada proses yang harus dilakukan yaitu proses penulangan. Namun, di era sekarang ini ada material yang lebih praktis sebagai pengganti tulangan beton. Material apa yang digunakan? Material tersebut disebut dengan wiremesh, Lalu, apa sih yang dimaksud wiremesh?

Besi wiremesh merupakan besi dengan bentuk seperti kawat dan dianyam menjadi lembaran. Di Indonesia wiremesh lebih dikenal dengan nama kawat atau besi anyam. Ini dikarenakan bentuknya yang kotak-kotak seperti kawat atau besi yang di anyam. Wiremesh disini digunakan sebagai pengganti anyaman besi yang harus di anyam sendiri. Dengan adanya wiremesh dapat menjadikan pembuatan plat lantai menjadi lebih praktis.

Wiremesh-plat-lantai

Adapun jenis besi wiremesh ada 2 macam, yaitu :

  1. Berupa lembaran. Ukuran standar yang ada adalah 2,1 meter x 5,4 meter.
  2. Berupa gulungan atau roll. Ukurannya lebar 2,1 meter dan panjangnya bisa mencapai 54 meter.

Ukuran diameter besi wiremesh yang paling kecil adalah 4 dan yang terbesar 10. Biasanya penyebutan diameter besi wiremesh M4, M5, dan seterusnya.

Apa saja kegunaan besi wiremesh?

Wiremesh banyak digunakan untuk bahan penguat atau tulangan dalam pengecoran, seperti untuk pengecoran jalan dan lantai. Biasanya untuk ukuran M8, M9, M10 digunakan untuk gedung bertingkat. sedangkan untuk rumah dapat menggunakan ukuran M4, M5, M6.

Selain untuk penguat beton, material ini juga dapat digunakan untuk kawat bronjong, penguat talud, dan anak tangga.

Besi wiremesh yang baik adalah yang proses pembuatannya menggunakan sistem las otomatis. Jadi jarak antar kawat selalu sama dan seragam. Demikian pula dengan penampang lintang, juga selalu konsisten. Sehingga kawat pada besi wiremesh tidak akan pernah berkurang serta semua susunan selalu berada di posisinya masing-masing.

Apa kelebihan menggunakan besi wiremesh?

Kelebihan menggunakan besi wire mesh jika dibanding dengan besi beton biasa adalah :

  1. Pelaksanaan pekerjaan pembesian tulangan beton dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat karena tidak harus merangkai lagi, hanya digelar saja.
  2. Meningkatkan mutu dan ketepatan jarak tulangan beton.
  3. Memudahkan dalam pengawasan pekerjaan pembesian di lapangan.
  4. Lebih mudah transportasi pengiriman materialnya karena wiremesh berukuran 2,1 x 5,4 m tidak sepanjang besi beton yang panjangnya 12 m.
  5. Lebih ekonomis karena penggunaan wiremesh akan mengurangi berat besi tulangan dalam beton.

Proses-pengerjaan-kontruksi-di-lantai-2-rumah-klasik-bu-Elisa

Fungsi plat lantai adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai pemisah ruang bawah dan ruang atas.
  2. Sebagai tempat berpijak penghuni di lantai atas.
  3. Untuk menempatkan kabel listrik dan lampu pada ruang bawah.
  4. Meredam suara dari ruang atas maupun dari ruang bawah.
  5. .Menambah kekakuan bangunan pada arah horizontal.

Perlu anda ketahui, sebelum proses pembuatan sebuah kontruksi plat lantai. Ada suatu proses pengerjaan yaitu proses pengerjaan sebuah struktur balok. Apa itu struktur balok? Baca selengkapnya dengan cara klik tombol di bawah ini !

LIHAT PROSES PEMBUATAN BALOK

 

Proses-pengerjaan-kontruksi-di-lantai-2-rumah-klasik-bu-Elisa-2

Seperti terlihat dalam foto, dinding bata mulai dibuat diatas struktur konstruksi bagian bawah yang sudah dibuat, dalam hal ini bisa kita lihat bahwa tulangan tulangan besi kolom juga sudah dibuat, dalam hal ini terlihat bahwa tulangan di bagian atas begelnya bisa dirakit dengan jarak lebih renggang daripada begel untuk tulangan kolom bagian bawah. Begel adalah besi pengikat berupa bentukan segi empat dari tulangan yang dipakai untuk mengikat tulangan yang arah vertikal. Selain itu, kusen-kusen jendela dan pintu bagian atas juga sudah disiapkan sedemikian rupa untuk dipasang begitu dinding bata juga sudah siap.

Pemasangan kusen pintu bervariasi, tergantung teknik dan pengalaman masing-masing tukang. Mungkin ada kesamaan dengan kusen jendela, namun juga ada perbedaannya. Ada beberapa teknik umum yang biasa didapati di berbagai rumah tinggal tentang pemasangan kusen pintu. Mungkin Anda juga mengenal kusen UPVC.

Baca Juga proses pengerjaan kontruksi Plat lantai yang dilakukan pada kunjungan selanjutnya, dengan klik pada tombol untuk melihat lebih detail !

LIHAT PROSES PENGERJAAN PLAT LANTAI

 

Proses-pengerjaan-dinding-dan-kusen-lantai-2-rumah-klasik-bu-Elisa

Pemasangan Kusen

Letak jendela dan pintu dibuat sesuai dengan desain yang telah direncanakan. Karena rumah ini menggunakan konsep desain klasik, maka jendela di buat lebih lebar dan sejajar. Selain itu, penggunaan ukiran pada pintu merupakan ciri khas dari rumah konsep ini. Sampai tahap pengerjaan ini, rumah klasik bu Elisa sudah memasuki proses pengerjaan 50%. Nah, pada kunjungan keempat nanti, dilanjutkan dengan pengerjaan plat lantai selanjutnya yang berada pada lantai 2. Penasaran akan proses pengerjaannya seperti apa? Baca selengkapnya dengan cara klik pada tombol di bawah !

PLAN

Number

minutes

Price

Price for 1 minute

KUNJUNGAN 1

Kunjungan pertama yang kami lakukan pada tanggal 9 Juli 2018, dimana proses pengerjaan sedang berjalan pada proses penggalian tanah serta pengerjaan struktur pondasi ...

KUNJUNGAN 2

Kunjungan Kedua yang kami lakukan pada tanggal 10 Agustus 2018, dimana proses pengerjaan sedang berjalan pada proses pengerjaan struktur balok pada rumah bu Elisa ...

KUNJUNGAN 3

Kunjungan Ketiga yang kami lakukan pada tanggal 6 September 2018, dimana proses pengerjaan sedang berjalan pada proses pengerjaan Plat lantai serta kontruksi lain yang berada di lantai 1 ...

PLAN

Number

minutes

Price

Price for 1 minute

KUNJUNGAN

Kunjungan Keempat yang kami lakukan pada tanggal 29 September 2018, dimana proses pengerjaan sedang berjalan pada proses pengerjaan Plat lantai serta kontruksi lain yang berada di lantai 2 ...

KUNJUNGAN

Kunjungan kelima yang kami lakukan pada tanggal 21 November 2018, dimana proses pengerjaan sedang berjalan pada proses pengerjaan Rangka atap ...

KUNJUNGAN

Berlanjut pada kunjungan berikutnya yang kami lakukan pada tanggal 20 Desember 2018. Dimana proses pengerjaan yang sedang dilakukan adalah proses pemasangan rangka plafon pada rumah ...

PLAN

Number

minutes

Price

Price for 1 minute

KUNJUNGAN

Pada awal tahun 2019 ini, proses kunjungan berlanjut pada tanggal 21 Januari 2019. Dengan proses pengerjaan adalah finising area fasad rumah atau area depan rumah ...

KUNJUNGAN

Proses pengerjaan rumah klasik milik Bu Elisa hampir selesai dikerjakan, dengan proses akhir yang dikerjakan adalah proses penyempurnaan. Proses penyempurnaan disini dikerjakan pada area balkon rumah yang dipasangkan sebuah ornamen railling ...

KUNJUNGAN

ON PROGRESS

 

Untuk info lengkap mengenai JASA KAMI, anda dapat langsung menghubungi Call Center kami (021) – 55680950 atau dapat dengan cara berkunjung ke OFFICE KAMI terdekat kami. Segera konsultasikan desain rumah impian Anda kepada kami Asia Arsitek, dengan bergabung bersama kami. Kami akan menjadi rekan Anda yang akan membantu mewujudkan impian Anda.

HUBUNGI KAMI

 


LIHAT JUGA PORTOFOLIO DESAIN KAMI YANG LAINNYA :



Sub-domains


REALISASI DESAIN

RUMAH CLASSIC MEWAH

IBU MAUDY DI BEKASI

[ON PROGRES]

REALISASI DESAIN

RUMAH CLASSIC MEWAH

IBU IIS DI BANDUNG

[ON PROGRES]

REALISASI DESAIN

RUMAH CLASSIC MEWAH

IBU ELISA DI JAKARTA

[ON PROGRES]


Sub-domains


REALISASI DESAIN

RUMAH CLASSIC MEWAH

PAK WAGIYANTO DI YOGYAKARTA

[ON PROGRES]

REALISASI DESAIN

VILLA MEWAH

IBU KARTINI DI sentul, bogor

[ON PROGRES]

REALISASI DESAIN

RUMAH MINIMALIS MODERN

PAK ANANDA DI TANGERANG

[FINISH]

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *