Telepon : (021) 556 809 50
Whatsapp : 0821 1371 3353
asiaarsitek@gmail.com

Cara Membuat Balok yang Baik dan Benar

Cara Membuat Balok yang Baik dan Benar

Cara Membuat Balok yang Baik dan Benar

Sutaryo dan Kusdjodo (1984) mengatakan bahwa balok adalah kayu/beton maupun baja yang dipasang di dalam ruangan untuk menahan rangka langit-langit plafon. Selain itu balok lantai juga berfungsi sebagai pengaku utama bangunan atau struktur.

Beban-beban yang dipikul oleh balok adalah plat lantai, dinding dan beratnya sendiri. Balok juga menerima beban horizontal akibat adanya gaya angin dan gaya gempa yang didistribusikan juga ke kolom

Balok merupakan salah satu pekerjaan beton bertulang. Balok merupakan bagian struktur yang digunakan sebagai dudukan lantai dan pengikat kolom lantai atas. Fungsinya adalah sebagai rangka penguat horizontal bangunan akan beban-beban.

Cara Membuat Balok yang Baik dan Benar

Apabila suatu gelagar balok bentangan sederhana menahan beban yang mengakibatkan timbulnya momen lentur akan terjadi deformasi (regangan) lentur di dalam balok tersebut. Regangan-regangan balok tersebut mengakibatkan timbulnya tegangan yang harus ditahan oleh balok, tegangan sebelah atas dan tegangan tarik dibagian bawah. Agar stabilitas terjamin, batang balok sebagai bagian dari sistem yang menahan lentur harus kuat untuk menahan tegangan tekan dan tarik tersebut karena tegangan baja dipasang di daerah tegangan tarik bekerja, di dekat serat terbawah, maka secara teoritis balok disebut sebagai bertulangan baja tarik saja

Cara Membuat Balok yang Baik dan Benar

Fungsi Utama Beton

Menahan beban/gaya tekan
Menutup baja tulangan agar tidak berkarat

Cara Membuat Balok yang Baik dan Benar

Fungsi Utama Baja Tulangan

Menahan gaya tarik (meskipun kuat juga terhadap gaya tekan)
Mencegah retak beton agar tidak melebar

Cara Membuat Balok yang Baik dan Benar

Fungsi balok adalah sebagai dudukan plat sekaligus menyatukan hubungan antara kolom agar terjadi satu kesatuan yang kuat, balok pada area dak bisa dibuat sama seperti sloof yaitu 15 cm x 35 cm misalnya dengan tulangan pokok 6D12 dan sengkang D8 – 200.

Cara Membuat Balok yang Baik dan Benar

Kemampuan tanah yang berbeda dalam menopang bangunan bisa membuat sebagian bangunan mengalami penurunan. Itulah mengapa konstruksi bangunan berupa campuran baja dan beton ini amat diperlukan, gunanya menahan agar bangunan tetap sejajar.

Cara Membuat Balok yang Baik dan Benar

Cara Membuat Balok yang Baik dan Benar

Pekerjaan pengecoran merupakan pekerjaan penuangan beton segar kearea yang telah bekisting yang telah diberi tulangan.
Sebelum melakukan pekerjaan beton, langkah teknis yang harus dipersiapkan yaitu:

  1. Pengecekan tulangan dan kondisi bekisting yang sudah siap. Hal ini dilakukan oleh seorang QC
    (Quality Control)
  2. Jika sudah dilakukan pengecekan maka langkah selanjutnya ialah mengisi surat ijin cor.
  3. Setelah pengecekan selesai dilakukan, selanjutnya menyerahkan surat ijin cor kepada pengawas MK.
  4. Melakukan pengecekan ulang bersama pengawas MK
  5. Jika hasil lapangan telah memenuhi menurut pengawas MK, selanjutnya penandatanganan surat ijin cor dan area siap dilakukan pengecoran

Cara Membuat Balok yang Baik dan Benar

Selanjutnya untuk tahapan pekerjaan pengecoran balok meliputi:

1. Pastikan semua tulangan dan bekisting telah dicek

2. Menentukan volume area siap cor. Untuk pekerjaan plat dan balok, penentuan batas stop cor atau volume cor dilihat dari kondisibekisting dilapangan. Jika bekisting sudah siap pada jarak bentang tertentu, maka volume cor yang diambil adalah ¼ atau ¾ jarak bentang area bekisting yang telah mampu menahan berat beton segar (diambil pada perhitungan mekanika rekayasa, jarak yang diambil merupakan jarak dimana besarnya momen sama dengan nol).

3. Pembersihan area yang akan dicor menggunakan mesin air compressor

4. Pengujian test slump Pengujian test slump bertujuan untuk mengetahui nilai kelecakan suatu beton segar.

5. Masukkan beton segar kedalam bucket berkapasitas 0.9 m

Cara Membuat Balok yang Baik dan Benar

6. Tuang beton segar kedalam area siap cor,keadaan dilapangan saat penuangan beton ke area cor

7. Beton yang telah dituang kemudian dipadatkan dengan mesin vibrator

Cara Membuat Balok yang Baik dan Benar

8. Pada saat pengecoran, setelah beton segar dituangkan dan dipadatkan dilakukan pekerjaan perataan permukaan beton sesuai dengan ketebalan yang telah direncanakan. Perataan ini masih menggunakan sistem manual memakai ruskam kayu. Perataan ini bertujuan agar permukaan plat rata dan memastikan tidak ada udara yang terjebak didalam campuran beton .

Cara Membuat Balok yang Baik dan Benar Cara Membuat Balok yang Baik dan Benar

9. Selanjutnya dilakukan pengukuran ketebalan plat sekaligus pengecekannya menggunakan pesawat waterpass dan batang kayu yang telah diberi tanda.

10. Untuk perawatannya, basahi permukaan plat dan dengan air setiap 2 kali sehari selama satu minggu

Cara Membuat Balok yang Baik dan Benar

Pekerjaan Pembongkaran Bekisting

Pekerjaan pembongkaran bekisting plat dan balok dilakukan apabila beton telah cukup umur yakni selama 7 hari. Beton yang cukup umur ialah beton yang dapat menahan berat sendiri dan beban dari luar.Bekisting yang telah dibongkar dibersihkan dari sisa-sisa beton yang melekat dan disimpan pada tempat yang terlindung untuk menjaga bekisting untuk pekerjaan selanjutnya. Pekerjaan pembongkaran bekisting plat dan balok dilakukan dengan tidak mengurangi keamanan dan kemampuan struktur.


Kesimpulannya:

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *