Telepon : (021) 556 809 50
Whatsapp : 0821 1371 3353
asiaarsitek@gmail.com

Cara Mudah Mengurus IMB Izin Mendirikan Bangunan

Cara Mudah Mengurus IMB Izin Mendirikan Bangunan

Cara-mudah-mengurus-IMB-izin-mendirikan-bangunan-tips-trik-membangun-rumah-Asia-Arsitek

Cara Mudah Mengurus IMB Izin Mendirikan Bangunan, biaya mengurus imb, biaya mengurus imb 2019, biaya mengurus imb 2020, cara membuat imb rumah tinggal, cara mengurus imb di kecamatan, cara mengurus imb online, cara mengurus imb rumah pribadi, cara mengurus imb sendiri, cara mengurus imb untuk renovasi rumah, Cara Mudah Mengurus IMB Izin Mendirikan Bangunan, contoh imb, contoh surat imb rumah tinggal, fungsi imb, imb online, jenis imb, kantor pengurusan imb, masa berlaku imb, RUMUS BIAYA RETRIBUSI IMB, syarat imb rumah pribadi, urus imb di kelurahan

Jangan lupa! Sebelum melanjutkan menonton…

Like, Comment, Share, Subsribe, dan nyalakan lonceng notifikasi supaya Anda dapat menonton video video kami lainya 😊

 


Cara Mudah Mengurus IMB Izin Mendirikan Bangunan – Tips & Trik Membangun Rumah

Kali ini kita akan membahas Cara Mudah Mengurus IMB Izin Mendirikan Bangunan

 

Apa-itu-IMB-Izin-Mendirikan-Bangunan-Pengertian-IMB-Manfaat-IMB-Aturan-IMB-Asia-Arsite

Apa Itu IMB?

IMB merupakan kependekan dari Izin Mendirikan Bangunan. Dimana merupakan produk hokum yang di dalamnya berisi Persetujuan / Perizinan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah setempat, dalam hal ini pemerintah kabupaten, pemerintahan walikota yang WAJIB dimiliki oleh pemilik bangunan yang hendak membangun rumah atau renovasi, baik itu membongkar, menambah/ mengurangi luasanya.

IMB sendiri sangat penting bagi bangunan tersebut karena bertujuan untuk menciptakan tata letak yang aman dan penyesuaian dengan tata ruang yang ada, jangan sampai kita salah membangun di suatu ruangan, dalam arti harusnya rumah tapi ternyata kita bangun kantor, yang ada nanti kita didenda.

 

Apasih Manfaat IMB Itu?

Bagi bangunan yang tidak memiliki IMB pasti akan ada masalah, sedangkan bangunan yang mimiliki IMB pasti banyak manfaatnya yaitu :

  1. Mendapatkan Kepastian Dan Perlindungan Hukum Pada Bangunan Yang Anda Bangun, agar ketika bangunan tersebut berdiri tidak mengganggu atau merukgikan kepentingan orang lain.
  2. Meningkatkan Nilai Jual Rumah.
  3. Dapat dijadikan sebagai jaminan atau agungan dengan Bank.
  4. Syarat transaksi jual beli atau sewa menyewa rumah
  5. Peningkatan status tanah, secara pasti ketika kita mengurus IMB, salah satu syaratnya adalah harus adanya sertifikat. Bagi Anda yang tanahnya belum disertifikat, secara otomatis Anda akan bergerak untuk menuju notaris dan membuat sertifikat. Secara tidak langsung maka status tanah Anda akan meningkat.
  6. Adanya informasi peruntukan dan rencana jalan disana. Contohnya : rencana jalan di sana ada pelebaran berapa meter berapa meter kita jadi lebih tahu dan disanapun kita bisa tahu peruntukan tanah kita itu untuk apa, apa untuk rumah, kantor, atau kos-kosan.

 

Cara Mudah Mengurus IMB Izin Mendirikan Bangunan

 

apa-yang-terjadi-jika-tidak-mengurus-IMB-sanksi-pelanggaran-hukuman-denda-Asia-Arsitek

Apa Yang Terjadi Jika Kita Tidak Mengurus IMB?

Pada dasarnya dalam penyelenggaraan bangunan pemilik bangunan itu mempunyai kewajiban. Dimana, harus menyediakan rencana teknis bangunan yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan sesuai dengan fungsinya. Kemudian, Memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Selanjutnya, melaksanakan pembangunan sesuai dengan rencana teknis yang telah disah kan dan dilakukan dalam batas waktu berlakunya Izin Mendirikan Bangunan. Kemudian, meminta pengesahan dari pemerintah daerah atas perubahan rencana teknis bangunan Gedung yang terjadi pada tahap pelaksanaan bangunan.

 

SANKSI – SANKSI :

1. Sanksi Administratif

Bagi Pemilik Bangunan :

  1. Peringatan Tertulis
  2. Pembatasan kegiatan pembangunan
  3. Pemberhentian sementara atau tetap pada pekerjaan pelaksanaan pembangunan
  4. Pemberhentian sementara atau tetap pada pemanfaatan pembangunan
  5. Pembekuan izin mendirikan bangunan
  6. Pencabutan izin mendirikan bangunan
  7. Pembekuan sertifikat layak fungsi bangunan
  8. Pencabutan sertifikat layak fungsi bangunan
  9. Perintah pembongkaran bangunan. Tentunya,ini merupakan kerugian yang akan dialami oleh pemilik bangunan. Baik itu secara material yaitu bahan, material yang sudah terpasang dibongkar dan juga secara waktu, mereka harus mengulangi lagi walaupun misalnya IMB sudah turun.

 

Bagi Pemilik legalitas jasa pengurusan IMB :

  1. Mendapat surat peringatan
  2. Pembatasan kegiatan
  3. Pembekuan izin, secara otomatis akan mempengaruhi pemasukannya karena izin dibekukan.
  4. Pencabutan Izin
  5. Penurunan Golongan IPTB (Izin Pelaku Teknis Bangunan) misalnya yang sebelumnya memiliki spesifikasi 8 lantai ke atas, akibat dia salah dalam pengurusan IMB atau tidak mengurus IMB dengan benar maka akan diturunkan menjadi 8 lantai kebawah.
  6. Adanya denda

2. Sanksi Pidana

Selain sanksi administratif bisa juga terkena Sanksi Pidana loh. Dikurung selama 3 bulan dan terkena denda sebesar 50 Juta Rupiah. Tinggal pilih Mau Urus IMB atau tidak? Yang pasti Anda bisa menentukan mana yang baik dan mana yang tidak baik.

 

Cara Mudah Mengurus IMB Izin Mendirikan Bangunan

syarat-syarat mengurus IMB Izin Mendirikan Bangunan - Asia Arsitek

Syarat Syarat Mengurus IMB :

 

1. IMB Baru ( Dari Nol )

  • Formulir permohonan Izin Mendirikan Bangunan, yang sudah diisi secara lengkap dan sudah ditAnda tangani
  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy NPWP
  • Surat Sertifikat Tanah yang sudah dilegalisasi oleh notaris
  • Fotocopy surat tagihan dan bukti pembayaran PBB (Pajak Bumi Bangunan) tahun berjalan. Jangan lupa negara kita itu sedang mendongkrak pemasukan dari pajak maka perizinan IMB pun tidak hanya membayar pajak dari bumi bangunan saja. Kalau Anda punya kendaraan, punya properti lain yang belum dibayar harus juga dibayar ya 😊 karena kalu tidak, akan terdeteksi dan akan tersendat ketika mengurus Izin IMB tersebut.6
  • Setelah data tersebut lengkap, selanjutnya kita datang ke PTSP kecamatan atau walikota. Disana kita akan mengajukan KRK (Ketetapan Rencana Kota) dimana isinya mengatur tentang tata letak bangunanya baik itu dari dasar koefisien bangunan, dasar hijau, ataupun jumlah lantai dan ketinggian bangunannya.
  • Setelah kita mendapatkan KRK tersebut, barulah kita bawa KRK tersebut kita bawa ke Konsultan Arsitek untuk digambarkan GPA (Gambar Perencana Arsitektur) atau Blueprint. Untuk bangunan yang sifatnya 1 lantai atau 2 lantai sederhana hanya dibutuhkan GPA saja. Tetapi, ketika bangunan sudah lebih dari 2 lantai, 3 lantai yang sifatnya kompleks maka harus ada tAnda tangan dari IPTB (Izin Pelaku Teknis Bangunan). Bahkan kalau bangunan kita dengan struktur yang tinggi, dan kompleks maka harus ada laporan perencanaan perhitungan struktur

 

2. IMB Lama Hilang

(Sudah ada tapi hilang). Tidak perlu khawatir kita cukup datang saja ke BPAD (Badan Perpustakan dan Arsip Daerah). Datang kesana untuk meminta IMB yang sebelumnya sudah pernah kita buat tapi dengan perlengkapan-perlengkapan yang harus dipersiapkan sebelumnya antara lain :

  • Fotocopy KTP
  • Sertifikat Tanah
  • Fotocopy IMB Lama. Jika IMB yang lama belum sempat di fotocopy, cukup nomor IMB nya, dan jika lupa bisa datang ke PTSP Kecamatan terkait karena disana nanti bisa mendapatkan nomor IMB yang lama.
  • Membuat Surat Permohonan bahwa IMB yang lama hilang dan ditujukan ke BPAD. Dengan seperti itu ketika data sudah lengkap kita tinggal datang saja ke BPAD, setelah diserahkan kesana maka tinggal menunggu.

 

3. IMB Renovasi 

(Membongkar, Menambah atau Mengurahi Luasan Bangunan). Merubah tata letak bangunan yang sudah ada itu kita harus mengurus IMB. Tapi, jika kita hanya merubah cat, merubah kayu menjadi alumunium, mengganti genteng itu kita tidak perlu untuk mengurus IMB karena itu sifatnya hanya untuk finishing.

Lalu syarat apa saja yang perlu dipersiapkan?

Sebenarnya untuk mengurus IMB Renovasi ini hampir sama dengan mengurus IMB Baru, hanya saja waktunya lebih cepat karena sudah ada IMB Lama. Jadi nanti ketika kita datang ke PTSP untuk mengurus IMB kita harus membawa IMB Lamanya. Nah dari situ waktunya akan lebih dipermudah

 

4. Bangunan Tanpa IMB

(Bangunan sudah ada tetapi IMB tidak ada). Ini yang menjadi masalah sebenarnya. Ketika bangunan sudah sesuai dengan KRK (Ketetapan Rencana Kota) kemudian kita mengurus IMB itu tidak ada masalah. Tapi, jika bangunan tidak sesuai dengan KRK, otomatis itu kita tidak akan dapat turun IMB nya.

Cara Mudah Mengurus IMB Izin Mendirikan Bangunan

 


Ada 2 Cara Mudah Mengurus IMB

 

1. Cara Offline

cara offline mengurus IMB Izin Mendirikan Bangunan - Datang langsung ke PTSP Kecamatan Kota - Asia ArsitekYaitu kita datang langsung ke PTSP, dimana berkas berkas yang sudah disiapkan kita bawa kesana. Kemudian, nanti disana baru diverifikasi apakah datanya lengkap atau kurang. Hanya saja kekurangan dari Offline adalah kita harus mengantri disana dan tahu sendiri ketika disana bukan hanya kita yang mengurus IMB, orang lain juga banyak yang mengantri disana dan kita juga tidak tahu biaya retribusinya berapa, jadi kita tidak bisa meperkirakan. Kita hanya bisa tahu setelah kita datang kesana, sebenarnya tidak masalah, yang masalah adalah mengantrinya itu.

 

2. Cara Online

cara Online mengurus IMB Izin Mendirikan Bangunan - Asia Arsitek

  1. Kita cukup masuk ke website http://dppb.jakarta.go.id/ daftarkan diri Anda di website tersebut
  2. kemudian log in dengan akun yang sudah terdaftar.
  3. Selanjutnya, pilih menu IMB Menu Rumah Tinggal | Rumah Non Tinggal
  4. Masukan data yang sudah ada (yang sudah di scan) catatan : dokumen yang di scan harus jelas. Sehingga, ketika nanti di Upload tidak bias atau dokumen dokemen kitapun harus lengkap. Karena, ketika mengisi kolom kolom scannan tersebut tidak lengkap maka akan di Reject atau akan dikembalikan jadi semua kelengkapan data itu harus menyesuaikan apa saja yang diminta pada website tersebut
  5. Terakhir, barulah kita membayar Retribusinya. Nah bukti pembayaranya bisa di scan lalu di upload lagi ke websitenya

Apasih Keuntungan Mengurus IMB Secara Onilne?

  1. Tidak mengantri
  2. Cukup duduk saja
  3. Dengan cara online kita bisa secara langsung mengetahui berapa biaya retribrusinya. Sehingga, kita bisa mengestimasi kira kira budget kita siap atau tidak untuk membayar retribusi tersebut.

Setelah pendaftaran Online selesai Anda tetap harus melakukan verifikasi dokumen saat Anda mengambil sertifikat IMB di masing-masing kecamatan. Hal ini dilakukan untuk menghindari celah dari pembuat IMB Palsu.

 

Bagaimana Cara Menghitung Biaya Retribusi?

Cara Menghitung Biaya Retribusi IMB - Rumus Menghitung Biaya Retribusi IMB Izin Mendirkan Bangunan - Asia Arsitek1

Index Itu Apasih Patokanya?

Berdasarkan dari kompleksifitas bangunan,

  • Bangunan BIasa / Bangunan Sedang / Bangunan Tinggi
  • Penghuni banyak / Penghini Sedikit / Biasa Saja

Dari index index seperti itulah nanti akan muncul. Biasanya kalau untuk index Rumah Tinggal adalah sekitar 1,4 sampai 1,5. Sedangkan untuk harga satuan pengurusan IMB untuk rumah, diantara Rp. 20.000,- sampai Rp. 30.000,- per meter. Untuk komersil : kos-kosan, kantor / ruko diantara Rp. 50.000,- sampai Rp. 90.000,- per meter.

 

Misalkan

Luas Bangunan 100 m2 , dengan index 1,5 dan harga satuanya adalah Rp. 30.000,- maka,

RUMUS :

= Luas Bangunan x Index x Harga Satuan

= (100 m2) x ( 1,5 ) x ( Rp. 30.000,- )

= Rp. 4.500.000,-

 

Pembayaran retribusi ini kita harus bayar ke Bank DKI. Akan tetapi, sekarang ini kita sudah dipermudah. Kita bisa membayar lewat tokopedia / OVO / Gopay. Sehingga untuk Anda yang suka mencari cashback atau potongan-potongan diskonan 😊 itu bisa dengan masuk ke aplikasi tersebut.

 

Cara Mudah Mengurus IMB Izin Mendirikan Bangunan

 

Setelah kita bayar retribusi, kita tinggal menunggu penyelesaian waktunya saja.

IMB Rumah Tinggal diterbitkan Oleh Kepala Seksi Satlak PTSP Kecamatan setempat. Kemudian penyelesaian IMB Rumah Tinggal normalnya kira-kira sekitar 20 Hari kerja, apabila ada revisi-revisi biasanya antara 1 sampai 2 bulan. Untuk yang kos-kosan, ruko / kantor bisa jadi diatas 6 bulan. Kemudian, IMB yang telah diterbitkan akan diberitahukan melalui SMS / Telpon kepada pemohon atau kuasa dan dapat diambil dengan membawa bukti pembayaran retribusi IMB dan dengan surat kuasa apabila mengambil bukan pemohon. Tentunya langsung saja datang ke Loket PTSP Kecamatan

IMB sudah turun, berarti tinggal membangun dong?. Pelaksanaan bangunan dapat dimulai setelah IMB diterbitkan, copy IMB lebih bagus delaminating atau papan Kuning IMB harus dipasang di lokasi pembangunan di tempat yang mudah dilihat dari jalan. Kemudian, pelaksanaan pembangunan sesuai dengan IMB yang telah diterbitkan. Bila terdapat rencana perubahan aau penambahan maka sebelum dilaksanakan terlebih dahulu harus diajukan IMB perubahanya dan selama pelaksanaan IMB copyannya harus berada di lokasi bangunan untuk pedoman dalam pembangunan dan pemeriksanaan dari petugas pengawasan seksi penataan kota kecamatan.

 

Nahhhh mudahkan😊. Tapi bagi Anda yang kesulitan dan tidak punya waktu untuk mengurus IMB hubungi Asia Arsitek saja. Kami akan bantu mengurus IMB Anda 😊

Sepertinya cukup sampai disini dulu untuk pembahasan kali ini. Selanjutnya, kita ketemu lagi di Tips & Trik Membangun Rumah Selanjutnya 😊

 


ALAMAT KANTOR KAMI :

  • Ruko Glaze 1 Blok C No 11, Gading Sepong – Tangerang Banten
  • Jl Karya No 20 a, wijayakusuma – Jakarta Barat
  • Jl I Gusti Ngurahrai, Ruko Puri Mas Blok A1 – 7 , Surabaya Jawa Timur

Email : asiaarsitek@gmail.com

 

PORTOFOLIO DESAIN RUMAH MEWAH ASIA ARSITEK : 

klik pada gambar untuk melihat detailnya!


Sub-domains


DESAIN TERBAIK

KLASIK MEWAH

DI JAKARTA BARAT

DESAIN TERBAIK

TROPIS MEWAH

DI PEKAYON JAYA BEKASI

DESAIN TERBAIK

KLASIK MEWAH

DI BANDUNG

DESAIN TERBAIK

KLASIK MEWAH

DI SENTUL, BOGOR


Sub-domains


DESAIN TERBAIK

KLASIK MEWAH

DI RIAU SUMATERA

DESAIN TERBAIK

KLASIK MEWAH

DI TANGERANG

DESAIN TERBAIK

KLASIK MEWAH

DI KEMANG JAKARTA SELATAN

DESAIN TERBAIK

KLASIK MEWAH

DI CIBITUNG BEKASI


Sub-domains


DESAIN TERBAIK

KLASIK MEWAH

DI KELAPA GADING, JAKARTA UTARA

DESAIN TERBAIK

KLASIK MEWAH

DI PASAR MINGGU, JAKARTA SELATAN

DESAIN TERBAIK

KLASIK TROPIS

DI KARAWACI, TANGERANG

DESAIN TERBAIK

KLASIK MEWAH

DI PANTAI INDAH KAPUK, JAKARTA UTARA


Sub-domains


DESAIN TERBAIK

KLASIK MEWAH

DI MAKASSAR

DESAIN TERBAIK

KLASIK MEWAH

DI DKI JAKARTA


DESAIN TERBAIK

KLASIK MEWAH

DI SURABAYA

DESAIN TERBAIK

KLASIK MEWAH

DI TANGERANG



Sub-domains


DESAIN TERBAIK

KLASIK MEWAH

DI SUNTER JAKARTA

DESAIN TERBAIK

KLASIK MEWAH

DI JAYAPURA, PAPUA

DESAIN TERBAIK

KLASIK MEWAH

DI JAYAPURA PAPUA

DESAIN TERBAIK

KLASIK MEWAH

DI JAGAKARSA JAKARTA SELATAN


Sub-domains


DESAIN TERBAIK

KLASIK HOOK

DI CITRA LAND MANADO

DESAIN TERBAIK

KLASIK HOOK MODERN

DI JAKARTA PUSAT

DESAIN TERBAIK

KLASIK MEWAH

DI FATMAWATI JAKSEL

DESAIN TERBAIK

KLASIK MEWAH

DI JAKARTA TIMUR


Sub-domains


DESAIN TERBAIK

TROPIS MEWAH

DI CIBUBUR, JAKARTA

DESAIN TERBAIK

TROPIS BALI MEWAH

DI TANAH ABANG, JAKARTA PUSAT

DESAIN TERBAIK

TROPIS MODERN

DI CIKUPA SERANG BANTEN

DESAIN TERBAIK

MINIMALIS MODERN

DI GADING SERPONG TANGERANG


Sub-domains


DESAIN TERBAIK

TROPIS MODERN

DI MAKASSAR, SULAWESI SELATAN

DESAIN TERBAIK

TROPIS MEWAH

DI BOGOR, JAWA BARAT

DESAIN TERBAIK

TROPIS MEWAH

DI BEKASI, JAWA BARAT

DESAIN TERBAIK

TROPIS MODERN

DI TEBET, JAKARTA SELATAN

 

 

ASIA ARSITEK

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *