Telepon : (021) 556 809 50
Whatsapp : 0821 1371 3353
asiaarsitek@gmail.com

Cara Pemasangan Bekisting Kayu – Asia Arsitek

Cara Pemasangan Bekisting Kayu – Asia Arsitek

Cara Pemasangan Bekisting Kayu - Asia Arsitek

Cara Pemasangan Bekisting Kayu – Asia Arsitek

Bekisting adalah cetakan sementara yang digunakan untuk menahan beton selama beton dituang dan dibentuk sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Bekisting ini akan membentuk dimensi elemen struktur kolom, balok, plat, dinding, listplank, dan lain-lain sesuai dengan dimensi rencana.

Sejauh ini di Indonesia, material yang digunakan sebagai bekisting terutama adalah kayu. Kayu pada bekisting digunakan sebagai konstruksi penahan beban sementara dan sebagai pembentuk dimensi atau permukaan elemen struktur beton bertulang.

Cara Pemasangan Bekisting Kayu - Asia Arsitek

Fungsi Bekisting

Dengan mendasarkan pada pengertian sebelumnya bahwa bekisting merupakan konstruksi bersifat sementara maka hakekat dari pada bekisting itu adalah konstruksi sederhana tapi harus kuat, dan mampu menahan beban yang bekerja selama proses pekerjaan bekisting, pengecoran serta pasca pengeoran.

Pada dasarnya konstruksi bekisting memiliki tiga hal fungsi:

Cara Pemasangan Bekisting Kayu - Asia Arsitek

1. Menentukan bentuk dari konstruksi beton yang dibuat.

Cara Pemasangan Bekisting Kayu - Asia Arsitek

2. Memikul dengan aman beban yang ditimbulkan oleh spesi beton serta beban luar lainya yang menyebabkan perubahan bentuk pada beton. Namun perubahan ini tidak melampui batas toleransi yang ditetapkan.

Cara Pemasangan Bekisting Kayu - Asia Arsitek

3. Bekisting harus dapat dengan mudah dipasang, dilepas dan dipindahkan. Mempermudah proses produksi beton masal dalam ukuran yang sama.

Cara Pemasangan Bekisting Kayu - Asia Arsitek

Berdasarkan fungsi, konstruksi bekisting dapat dibagi dalam 3 bagian konstruksi ,

1. Bekisting kontak

2. Konstruksi penopang

3. Bracing / skur (penjaga kestabilan).

Cara Pemasangan Bekisting Kayu - Asia Arsitek

Dalam proses desain cetakan perlu memperhatikan beberapa hal ,

1. Kualitas material cetakan yang digunakan harus mampu menghasilkan permukaan beton yang baik dan ketepatan ukuran bekisting yang sesuai.

2. Keamanan dari cetakan harus diperhitungkan dari perubahan pembebanan yang akan terjadi, tanpa menimpulkan bahaya bagi material maupun pekerja konstruksi itu sendiri.

3. Memperhatikan faktor ekonomis agar dapat mereduksi biaya operasional bekisting.

Cara Pemasangan Bekisting Kayu - Asia Arsitek Cara Pemasangan Bekisting Kayu - Asia Arsitek

Jenis Jenis Bekisting:

Bekisting Konvensional (Bekisting Tradisional)

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa bekisting konvesional adalah bekisting yang menggunakan kayu ini dalam proses pengerjaannya dipasang dan dibongkar pada bagian struktur yang akan dikerjakan. Pembongkaran bekisting dilakukan dengan melepas bagian-bagian bekisting satu per satu setelah beton mencapai kekuatan yang cukup. Jadi bekisting tradisional ini pada umumnya hanya dipakai untuk satu kali pekerjaan, namun jika material kayu masih memungkinan untuk dipakai maka dapat digunakan kembali untuk bekisting pada elemen struktur yang lain.

Bekisting Knock Down

Dengan berbagai kekurangan metode bekisting konvensional tersebut maka direncanakanlah sistem bekisting knock down yang terbuat dari plat baja dan besi hollow. Untuk 1 unit bekisting knock down ini memang biayanya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan bekisting kayu, namun bekisting ini lebih awet dan tahan lama, sehingga dapat digunakan seterusnya sampai pekerjaan selesai, jadi jika ditotal sampai selesai pelaksanaan, bekisting knock down ini menjadi jauh lebih murah.

Ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan dalam membangun dan merancang bekisting, yaitu : Bekisting harus didesain dan dibuat dengan kekakuan (stiffness) dan keakurasian sehingga bentuk, ukuran, posisi, dan penyelesaian dari pengecoran dapat dilaksanakan sesuai dengan toleransi yang diinginkan.
Bekisting harus didirikan dengan kekuatan yang cukup dan faktor keamanan yang memadai sehingga sanggup menahan atau menyangga seluruh beban hidup dan mati tanpa mengalami keruntuhan atau berbahaya bagi pekerja dan konstruksi beton.Bekisting harus dibuat secara efisien, meminimalisasi waktu dan biaya dalam proses pelaksanaan dan jadwal demi keuntungan kontraktor dan owner (pemilik).

Cara Pemasangan Bekisting Kayu - Asia Arsitek

Alur Pemasangan Bekisting Kayu

Tahapan bekisting beton bertulang ini memiliki 5 alur kerja yang sangat penting untuk dipahami. Dengan memahami dan mengikuti alur kerjanya dengan tepat, maka proses pembangunan yang berkualitas akan didapat. Berikut ini alur pengerjaan bekisting beton bertulang selengkapnya.

Cara Pemasangan Bekisting Kayu - Asia Arsitek

  • Alur Pertama : Perencanaan bekisting beton bertulang

Dalam perencanaan ini perlu dipelajari terlebih dahulu mengenai struktur bangunan yang hendak dikerjakan. Periksalah dengan cermat desain struktur, mekanikal elektrikal dan arsitektur. Jika diperlukan, lakukan perubahan atau penyesuaian yang dibutuhkan. Setelah itu barulah bisa ditentukan metode pelaksanaan pekerjaan yang akan dijalankan. Selanjutnya buatlah gambar shop drawing untuk bekisting beton bertulang. Dari gambar yang dibuat, lakukan penghitungan jenis dan jumlah material bekisting beton bertulang yang nantinya akan dipakai. Dari penghitungan jenis dan jumlah material dapat diketahui pula besar biaya yang akan dikeluarkan untuk pekerjaan ini.

Dalam proses perencanaan ini pula perlu ditentukan mengenai pengadaan bekisting. Bekisting bisa didapatkan dengan cara membeli atau menyewa dari supplier. Tentu saja setiap pilihan memiliki konsekuensi masing-masing. Setelah pengadaan ditentukan, barulah dilakukan pengajuan penawaran kepada penyedia bekisting untuk mendapatkan harga yang sesuai. Pada alur ini bisa ditentukan juga tenaga kerja yang bertanggung jawab terhadap proses pengiriman, pemasangan dan pembongkaran bekisting. Jika perencanaan sudah selesai dilakukan, selanjutnya lakukan evaluasi yang berkaitan dengan besarnya biaya, kualitas dan metode kerja. Bila dirasakan masih kurang memuaskan, maka bisa dipertimbangkan untuk memakai tipe bekisting lain yang lebih tepat.

Cara Pemasangan Bekisting Kayu - Asia Arsitek

  • Alur kedua : Pengadaan bekisting

Bila pilihan untuk pengadaan bekisting sudah ditentukan, selanjutnya pada alur yang kedua ini ditentukan metode pengiriman bekisting dari supplier ke lokasi pengerjaan pembangunan. Perlu juga dilakukan pengawasan terhadap penerimaan material bekisting agar sesuai dengan data perencanaan kebutuhan bekisting. Tentukan pula langkah yang harus diambil jika material bekisting sudah sampai di lokasi pembangunan. Apakah material bekisting langsung dipasang ataukah harus disimpan terlebih dahulu sampai waktu yang telah ditentukan.

Cara Pemasangan Bekisting Kayu - Asia Arsitek Cara Pemasangan Bekisting Kayu - Asia Arsitek
  • Alur ketiga : Pemasangan bekisting

Pada alur ketiga ini, lakukan pengukuran lokasi pengerjaan dengan tepat berpedoman pada gambar shop drawing bekisting yang dibuat pada alur pertama. Setelah pengukuran selesai, bersihkan bekisting dari kotoran. Bekisting haruslah dalam keadaan bersih agar diperoleh hasil cor beton yang rapi dan sesuai dengan struktur yang diharapkan.

Kemudian lakukan pemasangan bekisting beton bertulang sesuai dengan garis marka ukur yang sudah dibuat. Periksa dengan seksama posisi, tingkat kedataran dan juga tingkat ketegakannya. Periksa pula kekuatan bekisting. Bila sudah terpasang dengan benar, barulah bisa dilakukan pengecoran beton.

Cara Pemasangan Bekisting Kayu - Asia Arsitek

  • Alur keempat : Pembongkaran bekisting

Pada alur ini, dilakukan pembongkaran bekisting tentu saja jika bekisting sudah tidak lagi digunakan atau saat hasil pengecoran beton bertulang sudah bisa dibuka. Urutan pembongkaran bekisting ini perlu ditentukan sejak awal supaya proses pembongkaran bisa berjalan dengan cepat dan efisien. Lantas perlu ditentukan pula penggunaan bekisting selanjutnya. Misalnya untuk pengerjaan berikutnya atau dikembalikan kepada supplier jika bekisting tersebut merupakan bekisting sewaan.

Cara Pemasangan Bekisting Kayu - Asia Arsitek

  • Alur kelima : Pemilahan bekisting

Pada alur kerja yang terakhir ini, dilakukan pemilahan bekisting yang sudah tidak bisa dipakai. Material yang tak lagi berguna bisa segera dibuang sehingga lokasi pembangunan bersih dari sampah. Sedangkan meterial yang masih bisa dimanfaatkan atau bernilai jual bisa disisihkan.


Cara Pemasangan Bekisting Kayu – Asia Arsitek

Kesimpulan:

Memiliki pengetahuan dasar tentang bekisting dapat meningkatkan produktivitas, kekuatan, kualitas dan keawetan dari bekisting sehingga dapat meningkatkan efisiensi pekerjaan bekisting.

Selamat Membangun Hunian Impianmu!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *