Telepon : (021) 556 809 50
Whatsapp : 0821 1371 3353
asiaarsitek@gmail.com

Tahapan Membangun Rumah Tahap 2 : Pekerjaan Pondasi

Tahapan Membangun Rumah Tahap 2 : Pekerjaan Pondasi

Tahapan Membangun Rumah Tahap 2 : Pekerjaan Pondasi

Selamat Pagi / Siang / Sore / Malam bagi para pembaca, semoga artikel kali ini bisa memberi manfaat buat anda para pembaca. Pada artikel sebelumnya kami telah membahas Tahapan Membangun Rumah Tahap 1 : Pekerjaan Persiapan dan bagi pembaca yang belum sempat membaca bisa klik disini

Untuk tahap kedua ini merupakan tahapan sangat penting yang harus dilalui ketika anda akan membangun rumah, kenapa kita katakan sangat pentinga ? Kekuatan pondasi kokoh atau tidaknya sangat menentukan bangunan diatasnya. Pondasi merupakan bagian dari konstruksi bangunan. Berikut kita bahas sedikit tentang macam-macam pondasi bangunan rumah tinggal :

1). PONDASI BATU KALI

Pondasi Batu Kali umumnya digunakan pada bangunan tidak bertingkat / non tingkat, pondasi batu kali disusun dari susunan batu kali dengan menggunakan perekat campuran semen dan pasir dengan perbandingan tertentu. Proses penggalian tanah pada pondasi batu kali harus mencapai titik tanah terkeras.

2). PONDASI CAKAR AYAM / FOOT PLATE

Pondasi Cakar Ayam atau Foot Plate umum digunakan untuk bangunan standar 2 tingkat dengan bahan pembuatan menggunakan beton bertulang ( Kombinasi Beton dengan Besi ). Menentukan ukuran pondasi dan ukuran besi serta jumlah besi menjadi tanggung jawab dalam proses perencanaan bangunan ( Bagian Ahli Struktur / Structure Bangunan ).

3). PONDASI BORE PILE

Pondasi Bore merupakan jenis pondasi dalam yang berbentuk tabung dengan diameter lubang dan jumlah titik tertentu. Dilihat dari cara pembuatannya dibagi menjadi 2 (dua) yaitu secaran konvensional ataupun alat berat dan hal itu tergantung dari kondisi exsisting / lokasi pembangunan.

Pertimbangan – pertimbangan ketika memutuskan menggunakan pondasi bore pile :

a). Bore pilie dipilih ketika kondisi tanah yang akan dibuat bangunan memiliki daya dukung tanah yang jelek ( Tanah rawa, tanah urugan yang dalam, tanah lumpur )

b). Pondasi Bore Pile menjadi solusi pondasi dalam yang efektif ketika lokasi pekerjaan bangunan berada di tengah pemukiman atau beredekatan dengan bangunan yang sudah ada.

c). Pondasi bore pile diperuntukan untuk bangunan diatas 2 lantai dengan kondisi tanah yang jelek.

 

4). PONDASI TIANG PANCANG

Pondasi Tiang pancang merupakan jenis pondasi dalam yang dibuat secara pabrikasi atau diproduksi di pabrik dengan dimensi ukuran dan kekuatan yang berstandar SNI atau internasional. Penghitungan jumlah tiang pancang dan dimensi tiang pancang tentu dilakukan oleh ahli teknik sipil.

Tahapan Membangun Rumah Tahap 2 : Pekerjaan Pondasi


BERIKUT INI CONTOH GAMBAR-GAMBAR PONDASI PROJEK ASIA ARSITEK :


Gambar Kerja Pondasi Rumah Tinggal :

PEKERJAAN GALIAN PONDASI :

   

   

 

 

Photo diambil dari projek Asia Arsitek yang beralamat di Jakarta Tmur

Tahapan Membangun Rumah Tahap 2 : Pekerjaan Pondasi

PEKERJAAN PEMBUATAN PONDASI CAKAR AYAM :

   

  

   

   

CONTOH PROJEK ASIA ARSITEK LAINNYA :

   

   

 

   

   

Pengawasan pada pekerjaan pondasi memerlukan pengawasan yang intensif, karena pekerjaan pondasi setelah selesai dikerjakan tidak bisa terlihat lagi karena berada didalam tanah.

Tahapan Membangun Rumah Tahap 2 : Pekerjaan Pondasi

 

 

 

 

 

 

 

 

Tags: , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *