Office : JAKARTA - TANGERANG - SURABAYA
Customer Service : (021) - 556 809 50
asiaarsitek@gmail.com

Kunjungan Pertama – Realisasi Proyek Renovasi Total Rumah Minimalis 2 Lantai Bpk Sunarno – Jakarta Selatan

Kunjungan Pertama – Realisasi Proyek Renovasi Total Rumah Minimalis 2 Lantai Bpk Sunarno – Jakarta Selatan

realisasi-kunjungan-renovasi-rumah-minimalis-bpk-sunarno-jakarta-selatan-1

Kunjungan Pertama – Realisasi Proyek Renovasi Total Rumah Minimalis 2 Lantai Bpk Sunarno – Jakarta Selatan

Suatu pengawasan dalam proyek yang sedang dikerjakan merupakan hal yang sangat diperlukan. Demi meminimalisir kesalahan serta adanya kontribusi antara perencana dengan orang yang membangun ( Kontraktor). Apabila pengawasan dilakukan secara rutin dan berkala, pastinya akan mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

Mengingat proyek yang sedang kami kerjakan merupakan proyek realisasi renovasi rumah. Sehingga proses pengerjaan tergantung dengan tahap yang dilakukan saat renovasi rumah tersebut. Pada kunjungan pertama yang kami lakukan ini, proses pengerjaan yang dilakukan adalah pembongkaran kontruksi yang akan di renovasi contohnya seperti dinding. Pembongkaran disini dilakukan sesuai dengan apa yang telah direncanakan atau mengikuti gambar kerja yang telah dibuat. Selain itu, adannya penambahan struktur seperti pondasi dan kolom.

Penasaran dengan proses pengerjannya? Yuk, baca ulasan lengkap kunjungan pertama yang kami lampirkan!

tampak-depan-rumah

Terlihat pada tampak depan rumah, proses pembongkaran disini bertujuan untuk mempermudah akses pembuatan kontruksi lain yang hendak di renovasi atau diperbaiki. Kontruksi yang dibuat sesuai dengan apa yang telah direncanakan, dari tata letak hingga sampai ukuran yang digunakan. Karena memaksimalkan fungsi dari kontruksi tersebut sehingga harus ada perhitungan yang tepat dan jelas ya. Dan dalam sebuah bangunan yang direnovasi pasti terdapat penambahan struktur sepeti pondasi ataupun kolom. Struktur tersebut sangat berperan penting dalam kekuatan serta kekokohan bangunan tersebut.

Proses-pembuatan-struktur-pondasi

1. Pembuatan Struktur Pondasi

Pondasi merupakan komponen/ struktur paling bawah dari sebuah bangunan, meski tidak terlihat secara langsung saat bangunan sudah selesai, namun secara fungsi struktur, keberadaan pondasi tidak boleh terabaikan. Perlu perencanaan yang matang, karena salah satu faktor yang mempengaruhi keawetan atau keamanan bangunan adalah pondasi.

Dalam menentukan jenis, ukuran, dan konstruksi pondasi harus memperhatikan jenis bangunan, beban bangunan, kondisi tanah, dan faktor-faktor lain yang berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Karena fungsi pondasi adalah sebagai perantara untuk meneruskan beban struktur yang ada di atas muka tanah dan gaya-gaya lain yang bekerja ke tanah pendukung bangunan tersebut.

  • Pondasi dibedakan menjadi dua macam, yaitu pondasi dangkal dan pondasi dalam.

Pondasi dangkal
  • Pondasi Umpak
  • Pondasi Batu Bata / rollag bata
  • Pondasi Batu Kali
  • Pondasi bor mini (Strauss Pile)
  • Pondasi Telapak/ Footplat
  • Dll
Pondasi Tiang Pancang
  • Pondasi tiang pancang (driven pile). Tiang pancang pada dasarnya sama dengan bore pile, hanya sja yang membedakan bahan dasarnya.Tiang pancang menggunakan beton jadi yang langsung ditancapkan langsung ketanah dengan menggunakan mesin pemancang.Karena ujung tiang pancang lancip menyerupai paku, oleh karena itu tiang pancang tidak memerlukan proses pengeboran. 
  • Pondasi tiang bor (bored pileadalah pondasi yang kedalamannya lebih dari 2 meter.Digunakan untuk pondasi bangunan – bangunan tinggi.Sebelum memasang bore pile, permukaan tanah dibor terlebih dahulu dengan menggunakan mesin bor. Hingga menemukan daya dukung tanah yang  sangat kuat untuk menopang pondasi.Setelah itu tulang besi dimasukan kedalam permukaaan tanah yang telah dibor, kemudian dicor dengan beton.Pondasi ini berdiameter 20 Cmkeatas.Dan biasanya pondasi ini terdiri dari 2 atau lebih yang diatasnya terdapat pile cap.

Proses-pembuatan-struktur-kolom

2. Pembuatan struktur kolom

Struktur Kolom merupakan batang tekan vertikal dari rangka struktur yang memikul beban dari balok. Kolom merupakan suatu elemen struktur tekan yang memegang peranan penting dari suatu bangunan, sehingga keruntuhan pada suatu kolom merupakan lokasi kritis yang dapat menyebabkan runtuhnya (collapse) lantai yang bersangkutan dan juga runtuh total (total collapse) seluruh struktur (Sudarmoko, 1996).

Kolom berfungsi sangat penting, agar bangunan tidak mudah roboh. Beban sebuah bangunan dimulai dari atap. Beban atap akan meneruskan beban yang diterimanya ke kolom. Seluruh beban yang diterima kolom didistribusikan ke permukaan tanah di bawahnya. Kesimpulannya, sebuah bangunan akan aman dari kerusakan bila besar dan jenis pondasinya sesuai dengan perhitungan. Namun, kondisi tanah pun harus benar-benar sudah mampu menerima beban dari pondasi. Kolom menerima beban dan meneruskannya ke pondasi, karena itu pondasinya juga harus kuat, terutama untuk konstruksi rumah bertingkat, harus diperiksa kedalaman tanah kerasnya agar bila tanah ambles atau terjadi gempa tidak mudah roboh.

tampak-depan-lantai-2

Pekerjaan Struktur beton

A. Pembuatan bekisting

Bekisting merupakan suatu konstruksi pendukung pada pekerjaan konstruksi beton dan biasanya terbuat dari bahan kayu,allmunium dan sebagainya. Berbagai material dapat digunakan namun pemilihan jenisnya harus mempertimbangkan dari segi teknis dan nilai ekonomisnya. Bekisting disini digunakan sebagai cetakan dalam pembuatan kontruksi beton.

  • Bekisting harus dibuat dan dipasang sesuai dengan bentuk, ukuran dan posisi seperti yang disyaratkan pada gambar kerja.
  • Bekisting harus cukup kuat untuk memikul tekanan atau beban yang diakibatkan oleh beton basah, beban pelaksanaan dan beban-beban lainnya.
  • Bekisting harus cukup kaku (stabil) artinya harus dapat menghasilkan bentuk yang tetap bagi struktur beton sesuai yang direncanakan.
  • Perencanaan bekisting harus didasarkan oleh kemudahan pemasangan, kemudahan pembongkaran, kecepatan pemasangan dan biaya yang efisien.
  • Sambungan bekisting harus baik sehingga tidak rusak/bocor pada saat pelaksanaan pengecoran dan juga tidak merusak beton.
  • Bahan bekisting harus terbuat dari bahan yang tidak menyerap air semen dan juga tidak merusak beton.
  • Pemasangan bekisting harus benar-benar sesuai dengan gambar rencana baik secara vertical maupun horizontal
B. Pekerjaan Pemasangan Tulangan

Baja tulangan dan sengkang yang telah dipotong dan dibengkokan dibawa ke lapangan untuk dipasang pada posisi sesuai dengan gambar pelaksanaan. Kegiatan yang dilakukan pada pekerjaan pemasangan tulangan antara lain :

  • Pemeriksaan diameter, panjang dan bentuk tulangan sebelum baja tulangan tersebut terpasang.
  • Jarak antar tulangan serta jumlah tulangan, baik untuk tulangan lentur maupun tulangan geser.
  • Sengkang dipasang secara manual. Pemasangan sengkang dilakukan dengan kawat beton.
  • Memastikan daerah-daerah dan ukuran panjang penyaluran, sambungan lewatan dan panjang penjangkaran sesuai yang direncanakan.
  • Pemeriksaan tebal selimut beton dengan memasang tahu beton sebagai acuan sesuai tebal tebal selimut beton yang akan di cor.
  • Adapun pekerjaan pembesian/penulangan meliputi pemasangan tulangan kolom, balok, slab/plat, tangga dan kanopi.
C. Pekerjaan Penulangan Beton

Untuk mendapatkan hasil beton yang baik maka cara penuangan harus benar yaitu :

  • Pengecoran dituang langsung dan atau dengan menggunakan talang cor.
  • Beton harus dituang vertikal dan sedekat mungkin dengan bagian yang dicor.
  • Beton tidak boleh dituangkan ke dalam bekisting dengan jarak yang tinggi (maksimum 1,5 m) karena akan mengakibatkan segregasi. Apabila tinggi lebih dari 1,5 m, maka harus memakai talang/corong/tremi
  • Beton tidak boleh dicorkan pada saat hujan lebat tanpa penutup diatasnya, karena air hujan akan menyebabkan turunya mutu beton.
D. Pekerjaan Pemadatan Beton

Disamping cara penuangan yang benar, cara pemadatan yang benar juga merupakan faktor penting guna mencapai tujuan pembetonan. Cara pemadatan dengan vibrator yg benar yaitu :

  • Untuk menyambung lapisan bawah dengan lapisan diatasnya, vibrator harus dimasukkan sebagian (kira-kira 10 s/d 15 cm) ke dalam lapisan di bawahnya agar tercipta lekatan yang monolik, padat dan menyatu.
  • Pada pengecoran plat beton yang tipis, vibrator boleh dimasukkan ke dalam beton secara miring. Dalam hal ini vibrator akan menyentuh besi tulangan, tetapi harus diusahakan sedikit dan secepat mungkin.

proses-pembokaran-rumah

Selain pembuatan struktur kolom, terdapat juga proses pembuatan struktur lain yaitu Ring balk. Yang dilakukan setelah struktur kolom selesai dikerjakan. Baca juga proses pembuatan struktur ring balk, klik disini!

Anda penasaran dengan prosedur pengerjaan selanjutnya seperti apa? Untuk info mengenai proses pengerjaan selanjutnya terdapat pada artikel berikutnya…

PLAN

Number

minutes

Price

Price for 1 minute

KUNJUNGAN

Pada kunjungan pertama yang kami lakukan ini pada tanggal 10 agustus 2018, proses pengerjaan yang dilakukan adalah pembongkaran kontruksi yang akan di renovasi contohnya seperti dinding ...

KUNJUNGAN

Kunjugan kedua kami dilakukan pada tanggal 5 september 2018, dimana proses pengerjaan sedang berjalan pada area tangga serta proses pengerjaan rangka atap ...

KUNJUNGAN

Kunjugan Ketiga kami dilakukan pada tanggal 2 Oktober 2018, dimana proses pengerjaan sedang berjalan pada area tangga serta proses pengerjaan Finishing pada area lantai 1 ...

PLAN

Number

minutes

Price

Price for 1 minute

KUNJUNGAN

Kunjugan Keempat kami dilakukan pada tanggal 26 November 2018, dimana proses pengerjaan sedang berjalan pada area tangga serta proses pengerjaan Finishing pada tampak depan ...

KUNJUNGAN

Kunjungan berlanjut pada awal bulan tahun 2019, lebih tepatnya pada 25 Januari 2019. Dimana proses pengerjaan yang sedang berjalan adalah proses pewarnaan dasar beberapa kontruksi dinding pada area eksterior maupun interior yang memang sudah di aci ...


KUNJUNGAN

Kunjungan kali ini dilakukan pada tanggal 4 Februari 2019, dimana proses pekerjaan yang dilakukan merupakan kelanjutan dari kunjungan sebelumnya. Seperti hal nya area depan rumah yang memang adanya penyempurnaan dengan adanya penggantian kontruksi beton baru ...

 

Untuk info lengkap mengenai JASA KAMI, bisa langsung menghubungi kami atau bisa berkunjung ke OFFICE KAMI. Segera Konsultasikan Desain Rumah Impian Anda Kepada Kami, Serta Kami Akan Menjadi Rekan Anda yang Akan Membantu Mewujudkan Impian Anda.

HUBUNGI KAMI

 


LIHAT JUGA PORTOFOLIO DESAIN KAMI YANG LAINNYA :



Sub-domains


REALISASI DESAIN

RUMAH CLASSIC MEWAH

IBU MAUDY DI BEKASI

[ON PROGRES]

REALISASI DESAIN

RUMAH CLASSIC MEWAH

IBU IIS DI BANDUNG

[ON PROGRES]

REALISASI DESAIN

RUMAH CLASSIC MEWAH

IBU ELISA DI JAKARTA

[ON PROGRES]


Sub-domains


REALISASI DESAIN

RUMAH CLASSIC MEWAH

PAK WAGIYANTO DI YOGYAKARTA

[ON PROGRES]

REALISASI DESAIN

VILLA MEWAH

IBU KARTINI DI sentul, bogor

[ON PROGRES]

REALISASI DESAIN

RUMAH MINIMALIS MODERN

PAK ANANDA DI TANGERANG

[FINISH]

 


LIHAT JUGA PORTOFOLIO DESAIN KAMI YANG LAINNYA :



Sub-domains


REALISASI DESAIN

RUMAH TROPIS

IBU HAKIM DI TANGERANG

[ON PROGRES]

REALISASI DESAIN

RUMAH CLASSIC BELANDA

IBU LISDA DI BANDUNG

[ON PROGRES]

REALISASI DESAIN

RUMAH MINIMALIS

PAK ALVIAN DI JAKARTA BARAT

[ON PROGRES]

REALISASI DESAIN

RUMAH MINIMALIS

IBU ALFI DI JAKARTA BARAT

[ON PROGRES]


Sub-domains


REALISASI DESAIN

RUMAH MINIMALIS

PAK FANUR DI TANGERANG

[FINISH]

REALISASI DESAIN

RUMAH MINIMALIS MODERN

PAK HENDRA SUN KHO DI PORIS

[ON PROGRES]

REALISASI DESAIN

RUMAH MINIMALIS

PAK HENDRI DI TANGERANG

[FINISH]

REALISASI DESAIN

RUMAH SEMI JOGLO

PAK RUDY DI TANGERANG

[FINISH]


Sub-domains


REALISASI DESAIN

RUMAH MINIMALIS

PAK FAUZY DI JAKARTATIMUR

[FINISH]

REALISASI DESAIN

RUMAH MINIMALIS

IBU MASRI DI JAKARTA SELATAN

[FINISH]

REALISASI DESAIN

RUMAH MINIMALIS

PAK ADI DI BEKASI

[FINISH]

REALISASI DESAIN

RUMAH TROPIS

PAK WILLY DI TANGERANG

[ON PROGRES]


Sub-domains


REALISASI DESAIN

RUMAH MINIMALIS MODERN

IBU NOVI DI JAKARTA BARAT

[ON PROGRES]

REALISASI DESAIN

RUMAH MINIMALIS

PAK SUNARNO DI JAKARTA SELATAN

[ON PROGRES]

REALISASI DESAIN

RUMAH MINIMALIS

PAK ANTON DI TANGERANG

[ON PROGRES]

REALISASI DESAIN

RUMAH CLASSIC

PAK HENDRA JOE DI TANGERANG

[ON PROGRES]

 

Untuk Berlangganan Posting Terbaru Kami di ” Asia Arsitek “ dan melihat karya-karya desain kami bisa melihat Channel Kami di YOUTUBE :

Kunjungan Pertama – Realisasi Proyek Renovasi Total Rumah Minimalis 2 Lantai Bpk Sunarno – Jakarta Selatan

Kunjungan Pertama – Realisasi Proyek Renovasi Total Rumah Minimalis 2 Lantai Bpk Sunarno – Jakarta Selatan

Tag : Jasa Desain Rumah Jakarta, Jasa Dsain Rumah Jakarta Selatan, Jasa Desain Rumah Online di Jakarta, Jasa Desain Rumah Online di Jakarta Selatan, Jasa Desain Rumah Minimalis Di Jakarta, Jasa Desain Rumah Minimalis Di Jakarta Selatan, Jasa Arsitek Rumah, Jasa Gambar Rumah, Jasa Bangun Rumah, Jasa Renovasi Rumah, Jasa Desain Rumah Murah, Jasa Arsitek Rumah Murah, Daftar Arsitek Profesional Murah Di Jakarta Selatan

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *